Penejalasan TOEFL ITP dan PBT

APA ITU TOEFL ITP ?

toeflonline,toeflkebumen
Sebagian besar universitas di luar negeri mensyaratkan bukti kecakapan atau keterampilan berbahasa inggris (english proficiency) dari lembaga resmi seperti ETS sebagai salah satu syarat pendaftaran di universitas tersebut. Dan Tes kecakapan berbahasa inggris memiliki beberapa kategori tes.  Ada beberapa jenis tes TOEFL yang paling sering digunakan sebagai persyaratan dalam pendaftaran di Universitas Luar Negeri atau Program Program lain yang berskala Internasional.
Pernahkah anda mendengar istilah TOEFL ITP  dan TOEFL PBT. TOEFL ITP adalah kependekan dari Institutional Testing Program. TOEFL ITP sedikit berbeda dengan TOEFL PBT dalam beberapa hal seperti jenis kemampuan yang diujikan dan biaya yang harus dikeluarkan sekali tes. Ketiga jenis tes TOEFL di atas semuanya dibawahi dan soal ujiannya dibuat oleh ETS (English Testing Service) yang berlokasi di Amerika.
Tiap tahunnya Ujian TOEFL ITP diselenggarakan oleh lebih dari 1.500 institusi dan agen serta diikuti oleh lebih dari 300.000 peserta diseluruh dunia.

Perbedaan TOEFL  ITP DAN TOEFL PBT ????

Meskipun masih  dibawahi oleh organisasi yang sama. TOEFL ITP umumnya dipergunakan untuk kepentingan internal organisasi dan jenis kemampuan bahasa inggris yang diujikan hanya tiga yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading. Soal – soal yang diujikan dalam tes TOEFL ITP adalah soal yang sebelumnya telah digunakan pada ujian TOEFL PBT.

TOEFL PBT ???

TOEFL PBT mengukur kemampuan bahasa inggris secara komprehensif. Sedangkan TOEFL ITP tidak menguji kemampuan peserta dalam menulis essay seperti halnya dalam tes TOEFL PBT. Selain itu, dari segi keketatan ujian, TOEFL PBT langsung diselenggarakan oleh ETS sedangkan TOEFL ITP penyelenggaraannya diserahkan ke institusi masing – masing yang telah dipercayai seperti universitas atau tempat kursus.
Dari segi biaya sekali tes, TOEFL PBT jauh lebih mahal yaitu US $150 atau sekitar Rp. 1.700.000. sedangkan TOEFL ITP sekitar Rp 450.000 sd 500.000.
UNTUK APA SAJA TOEFL ITP DIPERLUKAN ?????
TOEFL ITP hanya diperuntukan untuk tujuan internal organisasi seperti dipakai salah satu syarat penerimaan calon mahasiswa s2 dan S3 dalam negeri. Kadang tes ini juga bisa dipakai untuk mengukur kemampuan calon pelamar kerja di perusahaan – perusahaan multinasional.
TOEFL ITP juga masih digunakan oleh beberapa universitas atau lembaga pelatihan atau pendidikan yang menyelenggarakan non-degree programs atau short-term program­ di luar negeri. Strateginya adalah rajinlah mengunjungi setiap website perguruan tinggi yang anda akan lamar dan pelajari syarat kemampuan bahasa inggris yang dipakai untuk seleksi calon mahasiswa.
Itulah penjelasan singkat mengenai TOEFL ITP dan PBT semoga dapat menambah informasi seputar tes TOEFL.

0 Comments:

Post a Comment