Penggunaan Verb dalam Bahasa Inggris


Mengenal kata kerja dan Fungsinya

Memahami penggunaan kata kerja / verb dalam bahasa inggris sangatlah penting karena di dalam kalimat kata kerja  perannya penting agar kalimat dapat berdiri. dalam Bahasa Inggris penggunaan kata kerja diatur di dalam materi tenses, kita harus memahami bahwa ada beberapa kata kerja yang bisa langsung digunakan dan ada juga yang membutuhkan kata kerja lain agar kata kerja tersebut bisa menjadi kata kerja kalimat sesuai aturannya. 
Kata kerja di dalam kalimat posisinya sangat penting karena kata kerja adalah aspek utama yang menjadikan kalimat bisa terbentuk. Tahukah kalian kalau kata kerja memiliki jenis dan fungsi yang berbeda, beda. Dalam menggunakan kata kerja da yang bisa digunakan secara langsung, ada juga yang membutuhkan tambahan kata kerja lain agar bisa menjadi kata kerja yang sempurna.

Macam macam kata kerja

1. Base form ( Kata kerja dasar )
Kata kerja dasar atau kata kerja murni adalah kata kerja yang belum mendapatkan tambahan apapun. Contoh kata kerja dasar : Go, Eat, Sleep dll.
Kata kerja dasar ini memiliki fungsi sebagai predikat dalam tenses simple present dengan subjek I, you, we, they.
Selain kata kerja dasar ini bisa digunakan dalam tenses simple present, kita juga bisa menggunakan dalam tenses simple future/simple past future. Contoh kalimatnya seperti berikut ini :
I will go, She would go, They can sleep dll.
Jadi anda sekarang sudah mengetahui jenis kata kerja dasar yaitu V1 dengan fungsinya atau penggunaannya.
Kesimpulan dari kata kerja dasar : dapat digunakan sebagai predikat kalimat dengan menggunakannya setelah subjek ( I, you, we, they ) atau setelah modal ( Can, Will, Could, Should, dll ).
2. Present verb ( v+s/es )
Kata kerja ‘ present verb “ adalah kata kerja dasar yang mendapatkan imbuhan S/es. Contoh go + es = goes, Sleep + s = sleeps.
Bagaimana cara menggunakan kata kerja ini?
Penggunaannya sama dengan kata kerja dasar, perbedaannya hanya pada subjek yang digunakan, untuk kata kerja dasar/ main verb penggunaanya dengan subjek I, you, we, dan they, sedangkan kata kerja s/es dengan subjek he, she, it .
Contoh Rani eats an apple, He sleep at night.
Kalian tidak bisa menulis Rani eat an apple melainkan Rani eats an apple.
Kata kerja dasar yang mendapat imbuhan s/es juga tidak bisa digunakan setelah kata kerja bantu modal ( can, will, should, would dll ).
Kalian tidak bisa menulis She will goes melainkan she will go.
3. Past Verb
Past verb adalah kata kerja bentuk yang ke-2, contoh kata kerja ini ada yang berakhiran ed/ maupun tidak.  Contoh :
V1: eat, V2: ate /  V1 : play, V2: Played. Kenapa kok ada yang berakhiran ‘ed’ ada yang tidak? Perlu diketahui kata kerja dalam bahasa inggris memiliki perbedaan dalam merubah kata kerja bentuk yang pertama , kedua, dan ketiga, aturannya sudah ada dalam materi Grammar. Perubahan kata kerja yang berakhiran ed sering siebut perubahan yang teratur ( regular ) dan yang tidak beraturan ( irregular )
Silahkan download list kata kerja teratur dan tidak teratur beserta artinya pada link berikut.
Penggunaan Past verb dalam membuat kalimat langsung ditempatkan setelah subjek, untuk fungsi yang lain adalah untuk menunjukkan kegiatan yang anda lakukan pada waktu lampau.
I saw this article last night. Kata kerja saw adalah past verb menunjukkan aktivitas melihat yang terjadi pada waktu lampau kemarin malam, kalian tidak bisa menulis I saw this article now. Kata kerja dan keterangan waktunya tidak cocok.
4. Past participle
Kata kerja past participle adalah kata kerja bentuk yang ketiga, contohnya : played, eaten, gone dll. Jika kalian ingin menggunakan kata kerja ini, kalian membutuhkan tambahan kata kerja lain yang disebut kata kerja bantu ( Auxiliary verb ) kata kerja bantu ditempatkan sebelum kata kerja yang ke-3, jadi kalian juga harus mengetahui kata kerja bantu yang bisa disandinkan dengan v3. Apa saja kata kerja bantu yang bisa digunakan?
Berikut macam kata kerja bantu sebagai teman kata kerja v3 agar v3 bisa menjadi predikat kalimat :
Tobe : is, am,are, was, were, be, been,being
Have : have,has, had,having
Contoh :
Tobe : is/am are + v3 ( An apple is eaten ). Is diikuti kata kerja ke3 eaten . makna kalimat jika berpola tobe + v3 bermakna pasif apel dimakan. The book was taken , buku dibawa.
Have : have,has,had ( Rani has eaten ) Rani sudah makan, kata kerja bantu has membantu kata kerja v3 agar menjadi predikat.
Note : kata kerja v3 dapat digunakan sebagai predikat kalimat dengan syarat mendapatkan bantuan kata kerja lain yaitu kata kerja bantu. Ketika kalimat menggunakan kata kerja ke3 namun tidak ada kata kerja bantunya, maka kata kerja v3 bukanlah kata kerja melainkan sebagai penjelas kata benda sebelumnya.
Rani has eaten ( predikat )
An apple is eaten ( predikat )
An apple eaten ( bukan predikat alias penjelas nya apel )
5. Present participle
Past participle dan present participle masih dalam satu family, perbedaannya kata kerja past participle adalah kata kerja v3, sedangkan kata kerja present participle adalah kata kerja pertama yang ditambahkan ing ( v1 ing ) contohnya going, sleeping dll.
Jika kalian mau menggunakan kata kerja ving sebagai predikatnya kalimat, tentunya tidak bisa langsung digunakan begitu saja setelah subjek, namun kalian membutuhkan kata kerja bantu seperti past participle.
Kata kerja bantunya bisa menggunakan tobe. Contoh I am studying English, studying menjadi predikat kalimat dengan bantuan tobe ( am ) dan am studying menjadi satu kesatuan sebagai predikat kalimat.
Note : kata kerja ving membutuhkan kata kerja bantu agar bisa menjadi predikat kalimat, penempatan kata kerja bantu diletakkan sebelum kata kerja ving. Jika ving dalam kalimat tidak ada kata kerja bantunya maka, ving bukanlah predikat melainkan penjelas kata benda sebelumnya. Contoh :
Rani is eating ( predikat )
Rani eating ( penjelas nya rani )
6. Auxiliary verb ( Kata kerja bantu )
Kata kerja bantu macam-macamnya :
Tobe ( is,am,are/was,were/be/been/being )
Do ( do/does/did )
Have ( have/has/had/having )
Modal ( will/would/can/could,shall/should dll )
Kata kerja bantu memiliki fungsi :
Membantu kata kerja lain agar bisa menjadi predikat
I am eating, A book is eaten
I have gone dll
Sebagai kata kerja utama ketika tidak ada kata kerja lain dalam kalimat tersebut, kata kerja bantu dapat menjadi kata kerja utama ketika kalimatnya adalah kalimat nominal, baca penjelasannya berikut tentang kalimat nominal
She is a student, I am happy
Pada kalimat diatas, tidak ada kata kerja lain selain is dan am, maka kata kerja bantu diatas berfungsi sebagai kata kerja utama dalam kalimat.
Sebagai kata kerja bantu untuk membuat bentuk kalimat  negative dan Tanya.
I do not study, she did not go , do you sleep?, did you go?
Nah itulah jenis kata kerja dalam bahasa inggris yang kalian harus pahami, dan selanjutnya anda bisa belajar materi TOEFL Online dengan materi materi yang penting lagi. Untuk belajar penggunaan kata kerja sebenarnya sudah ada dalam materi tenses, oleh karenanya silahkan baca materi tenses berikut agar kalian mengetahui betul kapan dan bagaimana menggunakan kata kerja kata kerja diatas.
Okay sekian, kita ketemu di artike selanjutnya di Blog kursus TOEFL Kebumen
Terimasih J




0 Comments:

Post a Comment