Bahan dasar membuat kalimat ( Noun )

Bahan dasar membuat Kalimat dalam Bahasa Inggris

Hello, Senang bisa berjumpa dengan kalian melalui postingan berikut di Blog Kursus TOEFL Online Gratis. Pada artikel kali ini kita akan belajar materi dasar dalam belajar TOEFL yaitu Bahan dasar pembuatan kalimat, materi sekarang ini saya sengaja memberikan judul seperti diatas agar lebih mudah dalam memahami materi yang nantinya disampaikan, dalam bahasa inggris materi ini juga disebut dengan Parts of Speech ( kelas kata ).

materi toefl part of speech, materi toefl gratis kata benda,

Kenapa perlu belajar Parts of Speech?

Tujuan dalam belajar TOEFL kategori struktur adalah menganalisa kalimat, dan sebelum kita bisa menganalisa kalimat dengan tepat tentunya kita harus mengenal kalimat itu sendiri, penjelasan materi sebelumnya dapat membantu kalian dalam memahami materi-materi dasar yang disampaikan dalam Blog Kursus TOEFL. Cek materi dasar yang perlu kalian ketahui seperti :
Selain mengenal kalimat dan bagaimana menyusun kalimat, hal yang paling mendasar adalah mengetahui bahan bahan dasar yang diperlukan dalam menysusun kalimat menjadi Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan. untuk dapat menyususn kalimat menjadi SPOK, kita perlu mengenal bahan untuk membuat subjek dan lain2. nah materi tersebut adalah materi yang sekarang sedang anda baca dalam artikel Bahan dasar membuat kalimat.
Sebagai ilustrasi, misalkan kalian akan membuat sesuatu, pertama anda harus memikirkan material nya terlebih dahulu, setelahnya mengetahui fungsi dari setiap material, dan penempatan material tersebut sesuai fungsinya.

Apa saja bahan dasar membuat kalimat?

Sebelum masuk ke bahan dasar silahkan baca artikel berikut tentang penjelasan kalimat. setelah itu anda berlanjut ke artikel berikut.

Noun / Noun Phrase  

Noun atau disebut juga prase benda adalah kata yang menamai benda, orang, hewan, dan juga tempat. kata benda sangat sering digunakan dalam membuat kalimat. contoh kata benda : Buku, Kucing, Budi, Jakarta, Indonesia, Kebahagiaan dll. kata kata tersebut mrupakan kata yang menyebutkan benda. sekarang kita mengenal kegunaan dari kata benda dalam membuat kalimat :
  • Sebagai subjek kalimat
Subjek adalah pelaku dalam kalimat, dan penempatan kata benda jika ingin dijadikan subjek terletak sebelum kata kerja. mari kita aplikasikan!
Rani is happy
The car in the parking area is expensive
Jakarta has big traffic
Mari perhatikan kata yang berwarna hitam dan kata selanjutnya yang bergaris bawah, Kata yang saya hitamkan asalnya adalah sebuah kata benda, dan dalam contoh kalimat diatas telah difungsikan menjadi sebuah subjek kalimat karena letak/posisi kata benda tersebut berada sebelum kata kerja ( is / has ). kata yang bergaris bahah merupakan kata kerja dalam kalimat2 tersebut, dan kesimpulannya adalah subjek sebuah kalimat terbuat dari kata benda, dan cara penempatan kata benda jika ingin dijadikan subjek adalah sebelum kata kerja.
  • Sebagai Objeknya kata kerja transitive
Kata benda juga dapat digunakan sebagai bahan membuat objeknya kata kerja transitive, apa itu kata kerja transitive, silhkan baca artikel ini. Kata benda yang ingin dijadikan objek letaknya tepat berada setelah kata kerja dalam kalimat yang digunakan. mari praktekkan.
saya memiliki kata benda ' Buku', saya ingin gunakan kata benda tersebut menjadi objek.
dan saya memiliki kata kerja membeli, dan susunannya menjadi :
I buy a book, They meet Budi. kesimpulannya adalah kata benda bisa digunakan sebagai objeknya kata kerja dengan cara menempatkan kata benda tersebut tepat setelahnya kata kerja transitive.
  • Sebagai Objeknya preposisi
Preposisi atau kata depan seperti " in, at, on, of, about, between dll" memiliki fungsi sebagai asesoris kalimat agar kalaimatnya lebih bermakna. in the class, My friend with me are studying english now. 
contoh kalimat diatas terdapat preposisi in beserta objeknya 'the class'. in the class digunakan sebagai tambahan saja dalam kalimat tersebut agar makna kalimatnya lebih luas.
Preposisi selalu memiliki objek, letak objek preposisi berada tepat setelahnya, dan objeknya preposisi syaratnya adalah kata benda. gabungan preposisi dan objeknya namanya prepotional prase yang mana dalam kalimat digunakan sebagai asesoris kalimat agar kalimatnya panjang dan makannya lebih luas.
contoh prepotional phrase dalam kalimat :
Everyday at home, my mom with my young brothers around 6 cleans each of the rooms before doing activities at her work.
  • Sebagai pelengkap subjek dalam kalimat nominal  
Kalimat nominal seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya adalah kalimat yang subjeknya tidak melakukan kegiatan ( Saya andi, Kamu senang , buku diatas meja ) memiliki kata kerja bantu ( Auxiliary verb ) untuk menyambung subjek dengan pelengkapnya, pelengkap sebuah subjek umumnya memiliki tiga jenis ( Noun/Adjective/Adverb )
She is Rani ( Dia adalah Rani ). Rani pada kalimat tersebut adalah kata benda yang difungsikan sebagai pelengkap subjek "She ".

0 Comments:

Post a Comment