Pengantar materi Struktur TOEFL

Materi Dasar Soal Structure

Soal structure adalah soal pada sesi yang kedua setelah sesi Listening,  pada bagian Grammar soal terbagi menjadi 2 bagian; Struckture dan Written. Sebelum kita belajar lebih jauh pada materi structure, kita akan belajar materi dasar pengenalan soal structure dan apa saja materi pengantar sebelum belajar ke soal. namun kalian juga harus mengetahui dulu penjelasan tentang TOEFL agar materi yang akan dipelajari terasa mudah, cek materi materi sebelumnya seperti Soal yang diujikan dalam tes TOEFL serta Lesson Plans yang di pelajari dalam Kursus TOEFL Online.

1. Mengetahui jumlah soal structure

Soal structure berjumlah 15 soal, yang merupakan soal kalimat tidak lengkap, untuk soal structure adabagian yang mudah dan sulit, untuk nomor yang mudah dikerjakan dimulai dari nomor 1 sampai dengan nomor 5. Umumnya soal soal awal menguji kita dalam melengkap subjek dan predikat kalimat. jadi, harus hati-hati ketika awal soal, bagian awal adalah bagian yang mudah. untuk bagian yang sulit, soal ditemukan dinomor 11 sampai dengan 15, kadang bagian ini menguji anak kalimat dan inverted kalimat. hati-hati dan teliti dalam mengerjakan pada soal dinomor 11 - 15.

2. mengetahui tugas dalam mengerjakan soal structure 

Seperti yang sudah dijelskan dibagian awal materi yaitu Soal yang diujikan dalam tes TOEFL , Tugas dalam sesi Struktur adalah melengkapi kalimat agar kalimat tersebut lengkap dan tepat sesuai dengan aturan pembuatan kalimat yaitu SPOK. untuk skill mengerjakan pada bagian strukture akan dibahas dimateri selanjutnya.

3. mengetahui pola kalimat

Tugas kalian adalah melengkapi kalimat, jadi kita harus mengetahui bagaimana kalimat itu bisa dibentuk. caranya dengan menyusun kata, dengan pola SPOK. simple kan? namun kadang kalimat yang diujikan tidak sekedar kalimat sederhana, melainkan kalimat majemuk ataupun kalimat komplek. sebelum membahas hal demikin pola dasar membuat kalimat juga harus betul-betul dipahami. sekarang kita belajar bagaiman membuat pola kalimat.

Pola kalimat dasar :

SPOK : Rani eats an apple in the kitchen
SPK : I sit in the chair
Perhatikan Kata setelah predikat pada dua kalimat diatas. kalimat pertama kata kerjanya memiliki objek, sedangkan kalimat kedua, kata kerjanya tidak memiliki objek. jika kata kerja memiliki objek ciri-cirinya kata kerja tersebut diikuti dengan kata benda, pada kalimat pertama, kata kerjanya diikuti kata benda "an apple" ini menandakan kata kerja padaa kalimat pertama memiliki objek. sekarang pada kalimat kedua kata kerjanya diikuti sebuah keterangan tempat yaitu diatas kursi, ini menandakan kalimat kedua kata kerjanya tidak memiliki objek.
Kenapa kata kerja ada yang memiliki objek ada yang tidak?
Kata kerja bisa memiliki objek atau tidak tergantung dari jenis kata kerja yang digunakan, kata kerja menentukan kalimat akan memiliki objek atau tidak. 
Jenis kata kerja
Kata kerja Transitive adalah kata kerja yang meiliki objek, oleh karenanya setelah kata kerja transitive akan diikuti dengan dengan objek, dan syarat objek harus terbuat dari kata benda. karena kata kerja yang digunakan berjenis transitive maka pola kalimatnya menjadi S + Vtransitive + Objek + K
Contoh penggunaan dalam kalimat I am writing a letter now
Kata kerja Intransitive adalah kata kerja yang tidak memiliki objek, ketika kata kerja intransitive digunakan dalam kalmat maka pola kalimatnya menjadi S + Vintransitive + K
Contoh penggunaan dalam kalimat I cry sadly. Cry adalah kata kerja intransitive, olehkarena itu kata kerja tersebut tidak diikuti objek melainkan keterangan, dikalimat tersebut sadly adalah keterangan yang bermakna cara, ciri-ciri keterangan katanya berakhiran dengan "ly".
Bagaiamana cara membedakan kata kerja transitive dengan kata kerja intransitive?? 
Kata kerja sangatlah banyak, mustahil kita menghafal kata yang sangat banyak tersebut hanya dalam waktu yang singkat, olehkarena itu, kita belajar trik untuk membedakan kata kerja tersebut berjenis transitive atau intransitive:
Vtransitive bisa diidentifikasi dengan melihat kata setelahnya, jika ada kata benda setelah kata kerja tersebut berarti itu kata kerja transitive. cara yang lain dengan memberikan pertanyaa who/what ( Apa dan Siapa)
Misal ada kata kerja Makan, identifikasi dengan pertanyaan Apa/Siapa; Makan apa?? jawbanya Makan apel . Saya makan apel/ saya makan apa??
Vintransitive bisa diidentifikasi dengan melihat kata setelahnya, jika tidak diikuti kata benda ( Prepotional Phrase, adverb) maka kata kerja tersebut adalah kata kerja Intransitive. Cara lain dengan memberikan pertanyaa ( When, Where, Why, How ).
Misal ada kata kerja duduk, Identifkasi dengan pertanyaan salah satu yang tadi disebutkan, Duduk dimana??, duduknya kapan? Jawabannya Saya duduk di atas kursi / Saya duduk dimana??
Bagaimana kalau kata kerja intransitive diberikan pertanyaan what/who, pasti akan aneh, coba perhatikan, duduk apa? duduk siapa?? hehe 

4. mengetahui jenis kalimat

Mengetahui jenis kalimat juga penting karena nanti akan mempengaruhi pola kalimat yang digunakan.

Jenis kalimat terbagi menjadi :

Kalimat verbal
Kalimat verbal adalah kalimat yang memiliki kegiatan. contohnya makan, tidur,menulis dll. kalimat verbal memiliki dua jenis makna; 
makna aktiv yaitu subjeknya yang melakukan kegiatan. Budi makan apel
makna pasiv yaitu subjeknya dikenai kegiatan. Apel dimakan budi
pada dua contoh kalimat diatas, sama-sama memiliki kegiatan makan, namun meaningnya berbeda
Kalimat nominal
Kalimat nominal adalah kalimat yang tidak ada kegiatannya ( action )/ kalimat yang subjeknya tidak melakukan kegiatan. Saya senang, Ini buku, Saya dirumah dll.
Note : Ketika kalimat jenisnya berbeda, maka kata kerja yang digunakan juga akan berbeda
Aktiv : I eat an apple
Pasiv : An apple is eaten by me
Nominal : I am happy
Untuk lebih jelasnya anda dapat mendownload rumus jenis -jenis kalimat

5. mengetahui penggunaan kata kerja pada jenis kalimat

Kata kerja dalam bahasa inggris digunakan sesuai dengan tenses yang ingin di pake, kata kerja ada beberpa jenis :
Kata kerja dasar/ Main verb : go
Kata kerja s/es/ present verb : goes
Kata kerja v2/Past verb: went
Kata kerja v3/Past participle : gone
Kata kerja v1ing/present participle : going
untuk lebih jelasnya tenses akan dipelajari dalam materi tersendiri.

6. mengetahui kelas kata/bahan membuat kalimat

Materi kelas kata atau Part of Speech sangat penting, karena kita akan mengetahui bagaiman sebuah subjek predikat, objek dan keterangan terbentuk, jadi kita akan belajar lebih mendalam tentang part of speech pada artikel selanjutnya.

7. Mengetahui fungsi dari bahan untuk membuat kalimat

Setelah mengetahui bahan membuat kalimat, maka hal yang selanjutnya diketahui adalah fungsi atau kegunaan dari bahan bahan tersbut dalam membangun kalimat lengkap.

8. berlaatih membuat kalimat sederhana

Cara membuat kalimat sederhana dengan pola simple 
S + V1 : I go
S + v2 : I went
S + tobe + pelengkap : I am happy

9. aplikasi materi dasar dalam menganalisa soal structure mudah 

Soal struktur dasar bisa kalian dapatkan di blog berikut ini

Sekian materi pengantar sebelum masuk ke materi strukture toefl, jangan lupa share keteman-teman kalian jika artikel dalam blog kursus toefl online bermanfaat untuk anda.

0 Comments:

Post a Comment